Make a donation Talk Fusion Saling Memberi

Kuliner di Balikpapan : Kepiting Kenari

Wisata Kuliner                                 Instant Pay For You
Belum lengkap rasanya ke Balikpapan, kota minyak di Kalimantan Timur itu, kalau belum mencicipi kepiting di Restoran Kepiting Kenari di Jalan Iswahyudi, tidak jauh dari Bandar Udara Internasional Sepinggan.

Restoran tersebut, bagi penyuka makanan laut, sangatlah kondang. Pejabat tinggi negara dari Jakarta yang ke Balikpapan atau yang ke Kalimantan Timur biasanya mampir di tempat itu. Restoran tersebut juga jadi salah satu pilihan favorit perusahan minyak, batubara, atau yang bergerak di bidang perkayuan di Balikpapan kalau menjamu tamu.

Tetapi kalau ke situ, datanglah pas jam makan siang. Jika datang kesorean, boleh jadi kepiting sudah habis dan restoran sudah ditutup. Biar aman, lakukanlah reservasi untuk jam 11.00 sampai sekitar jam 14.00.

Selepas waktu itu, revervasi Anda mungkin akan ditolak. Kami beberapa kali mencoba melakukan reservasi via telepon untuk pukul 15.00-16.00, namun pihak restoran tidak bersedia menerima reservasi itu. Pengelola punya kebiasaan menutup restoran begitu persediaan kepiting habis, dan itu bisa terjadi pada pukul 14.00 atau sebelum pukul 15.00. Jam operasi restoran tersebut sesungguhnya dari pukul 11.00 sampai pukul 22.00.

Namun pihak pengelola tampaknya tidak mau ambil risiko untuk sebuah reservasi tanpa uang muka yang kemudian batal. Rencana makan kepiting yang sudah dijadwalkan beberapa hari sebelumnya itu pun terancam buyar.

Kepiting saus lada hitam merupakan primadona di sini. Selain itu ada kepiting rebus, kepiting goreng, tanco dan saus tiram. Ada juga aneka menu ikan.

Kami pesan kepiting saus lada hitam. Porsinya ternyata jumbo, cukup untuk tiga sampai empat orang. Kepiting yang disajikan dari jenis yang besar-besar. Kata Lisa, salah seorang anggota keluarga pemilik restoran tersebut, kepiting-kepiting itu berasal dari perairan Tarakan. Dari sana kepiting dikirim dalam kondisi masih hidup ke cabang restoran Kepiting Kenari di Balikpapan, Samarinda, dan Surabaya.

Daging kepitingnya terasa lembut, gurih dan sedikit manis. Aroma ladanya sangat terasa. Karena pengaruh lada, rasanya pun panas di lidah.

Harga per porsi kepiting berbeda berdasarkan jenis kelamin. Seporsi kepiting jantan rasa apa saja harganya Rp 105.000 dan seporsi kepiting betina Rp 125.000. Harga tersebut belum termasuk PPN. Mengapa kepiting jantan dan betina beda harganya? “Karena kepiting betina ada telurnya,” kata seorang pelayan.

Kalau Anda ingin menjadikan masakan dari restoran itu sebagai oleh-oleh, itu pun bisa. Penumpang pesawat ke Jakarta yang terbang bersama kami sore itu, beberapa membawa oleh-oleh masakan kepiting dari restoran tersebut. Kemasannya dari plastik dan kardus yang dibuat sangat rapi sehingga aroma masakan tidak menyebar keluar.

Hemm… kalau ke Balikpapan jangan lupa kepiting ya

No comments:

Post a Comment