Make a donation Talk Fusion Saling Memberi

Tri Hita Karana

Filsafat Mahabharata.                                 Free Trial For 30 Days
Secara leksikal Tri Hita Karana berarti tiga penyebab kesejahteraan. (Tri = tiga, Hita = sejahtera, Karana = penyebab). Istilah Tri Hita Karana memang tidak disebutkan secara spesifik dalam sloka-sloka Veda. Ia merupakan sebuah konsep yang lahir dari ajaran-ajaran Hindu yang berhubungan dengan bagaimana hubungan antara manusia dengan apa yang ada disekitarnya dan dengan siapa yang menciptakannya. Tri Hita Karana popular dengan istilah Parhyangan, Pawongan dan Palemahan. Berikut sedikit ulasan mengenai penerapan Tri Hita Karana :

a. Parhyangan.
Merupakan sebuah hubungan yang harmonis antara manusia dengan Tuhan, dalam hal ini manusia diharapkan memiliki kedekatan bathin dengan Tuhan, setiap aktivitasnya selalu didasari oleh semangat pengabdian kepada Tuhan. Manusia menyadari jati dirinya sebagai atman atau mahluk spiritual yang harus selalu berhubungan dengan sumbernya yaitu Tuhan. Penerapannya dapat diatur sebagai berikut : 
  • Parhyangan untuk tingkat daerah adalah berupa Kahyangan Jagat
  • Untuk tingkat desa adat, berupa Kahyangan Desa atau Kahyangan Tiga
  • Untuk tingkat keluarga, dapat berupa Pemerajan atau Sanggah
b. Pawongan:
Ini merupakan konsep hubungan yang harmonis antara manusia dengan manusia, sebagai sesama ciptaan Tuhan yang memiliki hak dan kewajiban yang sama, dalam hubungan ini diharapkan akan muncul suatu ikatan persaudaraan antar sesama manusia yang bersifat universal bebas dari unsur SARA. Penerapannya dapat di atur sebagai berikut :
  • Pawongan di tingkat daerah, dapat mepliputi umat Hindu di wilayah provinsi
  • Di tingkat Desa Adat, meliputi Krama Desa Adat
  • Di tingkat keluarga meliputi seluruh anggota keluarga.
c. Palemahan:
Ini merupakan konsep hubungan manusia dengan alam, dimana dalam konsep ini manusia diharapkan memiliki tanggungjawab pada alam dalam mengelola alam tersebut. Manusia tidak hanya memanfaatkan alam tanpa memperhatikan kelestariannya. Penerapannya dapat di atur sebagai berikut :
  • Palemahan di tingkat daerah, dapat mepliputi wilayah provinsi
  • Di tingkat Desa Adat, meliputi "Asengken" Bale Agung
  • Di tingkat keluarga meliputi Pekarangan Rumah.
Dengan menerapkan Tri Hita Karana secara mantap, kreatif dan dinamis akan terwujudlah kehidupan harmonis yang meliputi pembangunan manusia seutuhnya yang astiti bakti terhadap Sanghyang Widhi Wasa/ Tuhan Yang Maha Esa, cinta kepada kelestarian lingkungan serta rukun dan damai dengan sesamanya

No comments:

Post a Comment